Menanam Bawang Merah Hidroponik

Menanam tanaman hidroponik tidak harus mahal, kita bisa memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita. Bahkan barang bekas pun bisa contoh pada potingan ini kami akan menguraikan bagaimana menanam bawang merah dengan media hidroponik sederhana dari bekas tray telur. Media hidroponik ini bisa didapatkan dipasar tradisional atau ke swalayan tertentu coleh aja mas pegawainya. Tray bekas telur ini bisa kita manfaatkan sebagai media hidroponik dengan syarat tray telur harus selalu basah oleh pupuk cair atau nutrisi hidroponik. Apabila tray ini kering makan perkembangannya akan lambat bahkan mati. Cek gambar dulu ya. 


Sebelumnya kami infokan bahwa gambar diatas diambil dari salah satu group hidroponik namun sepertinya sudah beredar secara viral di internet.

Cara Menanam Bawang Merah dengan Media Hidroponik Sederhana


Langkah awal menaman hidroponik sederhana bawang merah kita siapkan tray telur sebagai media hidroponik lalu tray ditumpuk 4-5 lembar tray. Jangan lupa siapkan juga bawang merah ambil yang bersiung tunggal dan sudah tua, bisa dilihat dari akar yang mulai tumbuh di bagian bawah. Anda bisa memotong sedikit bagian atas bawah untuk mempercepat pertumbuhan tunas.

Lalu kita siapkan media hidroponik tray, sebagai media hidroponik tray harus selalu basah. Untuk awal bisa disiram rendaman bawah merah yang ditumbuk kasar, ini merupakan cairan perangsang akar. Tujuan penyiraman dengan air bawang merah adalah agar akar muda mudah tumbuh dan tanaman bisa beradaptasi di media hidroponik.

Langkah selanjutnya cukup melakukan penyiraman secara berkala pagi dan sore. Penyiraman awal bisa dengan air saja, jika sudah tumbuh tunas bisa diberikan cairan nutrisi hidroponik ab mix dengan ppm standar sayuran daun. Atau jika tidak punya bisa pakai air cucian beras, air bekas teh, kulit telur yang di blender dan lain-lain. Usahakan media hidroponik tray tidak kering tapi jangan terlalu basah atau berair ya. Pada penggunaan media hidroponik tray untuk tanaman hidroponik bawang merah kita bisa memanfaatkan daunnya sedangkan umbi bawang sepertinya kurang maksimal hasil. 

Sumber:
www.kebunhidro.com

Related product you might see:

Share this product :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ALUMINIUM JEMBER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger